Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

LENGKAP! Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 1

 

A.     PPKn

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari.

1.   Pelaksanaan Kewajiban Peduli Lingkungan     

  •     Manusia merupakan makhluk sosial.
  •     Makhluk sosial adalah manusia yang berhubungan secara timbal balik dengan manusia lain.
  •     Apabila ada seseorang yang melakukan pengerusakan terhadap lingkungan, maka orang lain akan terkena akibatnya.
  •      Contoh :  Pak Danu setiap hari membuang sampah di selokan depan rumahnya. Suatu ahri turun hujan sangat deras. Akibat ulah Pak Danu, selokan yang tersumbat sampah menyebabkan lingkungannya menjadi banjir. Warga sekitar rumah Pak Danu merasa dirugikan oleh perilaku Pak Danu.

  •      Apabila ada seseorang peduli terhadap lingkungan, maka orang lain juga akan mendapatkan manfaatnya.
  • Contoh: Bu Lina melakukan penanaman pohon di pinggir jalan setiap hari Minggu. Berkat kegiatan Bu Lina, warga mendapatkan manfaatnya yaitu merasakan kesejukan saat melintas di jalan tersebut
  • Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan atau dilakukan.
  • Peduli kepada lingkungan merupakan kewajiban masyarakat sebagai warga negara.
  • Setiap warga masyarakat wajib untuk menjaga dan memelihara lingkungan sekitar.
  • Contoh kegiatan masyarakat peduli lingkungan:      
    • a.      Warga bekerjabakti membersihkan selokah
    • b.      Warga menanam pohon di pinggir jalan
    • c.       Warga tertib membayar pajak
    • d.      Warga melaksanakan kegiatan ronda malam.
  • Contoh kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
    • a.      Kewajiban mentaati peraturan
    • b.      Kewajiban menghargai orang lain
    • c.       Kewajiban mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan dan kebersihan.
    • d.      Kewajiban berperilaku positif, sesuai dengan norma-norma atau aturan dalam masyarakat.
  • Contoh kewajibanmu sebagai siswa di lingkungan sekolah
    • a.      Mematuhi peraturan sekolah.
    • b.      Menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta
    • c.       Membuang sampah di tempat sampah.
    • d.      Belajar yang giat dengan mengerjakan tugas-tugas dari guru.
    • e.      Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
    • f.        Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
    • g.      Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
    • h.      Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
    • i.        Menghormati guru dan saling menghargai antarsesama murid.
    • j.        Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
    • k.       Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
    • l.         Memberikan keterangan sakit, izin atau alpa dari orang tua bahwa anak berhalangan hadir di sekolah.
  •   Contoh kewajibanmu di lingkungan rumah
    • a.      Kewajiban belajar
    • b.      Kewajiban membantu orang tua
    • c.       Kewajiban menjalankan perintah agama
  •   Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan:
    • a.      Tidak membuang sampah sembarangan
    • b.      Melakukan reboisasi. Reboisasi adalah penanaman pohon pada hutan yang telah gundul atau ditebang.
    • c.       Menjaga dan melestarikan tanaman.

  •       Dampak (akibat) melaksanaan kewajiban, yaitu tercipta ketertiban, ketenangan dan keharmonisan dalam keluarga.

 

B.      IPS

1.      Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

  •       Proklamasi berasal dari Bahasa Yunani yaitu “proclamatio yang berarti pengumuman resmi kepada seluruh rakyat.
  •        Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
  •        Soekarno dan Hatta merupakan Tokoh Proklamator.
  •        Proklamator adalah orang yang membacakan proklamasi.
  •        Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
  •       Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.
    •       a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
    •       b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    •       c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
    •       d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
  •        Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia.
  •       Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
  •       Proklamasi kemerdekaan dapat mengantarkan Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.
  •       Semua warga negara wajib mengikuti Pendidikan dasar. Sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat 2 yang berbunyi “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.
  •       Warga negara WAJIB mengikuti Pendidikan dasar 9 tahun, yaitu SD dan SMP. 
  •       Upaya atau cara pemerintah memperbaiki Pendidikan negara kita yaitu: memperbaiki fasilitas Pendidikan, misalkan Gedung-gedung sekolah, memberikan bantuan buku gratis, menyediakan pengajar atau guru professional.
  •       Upaya atau cara mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, yaitu:
    •       a.      Meningkatkan taraf kehidupan bangsa, dengan cara bekerja keras, membuka lapangan pekerjaan baru.
    •       b.      Meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dengan cara belajar giat, salaing berbagi ilmu.
    •       c.       Mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa, dengan cara sering berlatih pada keterampilan yang dimiliki.
  •         Perilaku positif untuk memaknai kemerdekaan bukan berarti perilaku yang penurut, namun lebih dari pada itu, yaitu kreatif, kritis, mandiri, dan berani membela kebenaran serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas, dan tujuan yang disepakati bersama.
  •       Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa.
  •       Penghargaan terhadap para pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna tercapainya tujuan nasional bangsa Indonesia.
  •       Upaya Melaksanakan Kewajiban seorang pelajar atau siswa memaknai kemerdekaan:
    •      a.      Rajin beribadah sesuai agama yang dianut.
    •      b.      Belajar dengan giat, rajin, dan tekun.
    •      c.       Mengikuti berbagai perlombaan
    •      d.      Menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat
    •       e.      Ikut berpastisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

 

C.      Bahasa Indonesia

1.                    Memperkirakan Informasi Bacaan Sesuai Kata Kunci pada Judul Teks

  • Judul pada teks memiliki kata-kata penting yang menunjukkan informasi dari dalam teks.
  • Sebelum membaca teks secara keseluruhan, kita dapat menebak isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks.
  • Kata-kata penting disebut juga kata kunci 
  • Contoh Teks 1: Bacalah Cuplikan Teks berikut ini. 

Kampung Rawajati

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman. (BSE Kelas 6 Tema 6 hal:7)

a.      Apa judul bacaan di atas?

Jawab: Kampung Rawajati

b.      Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Jawab : Kampung Rajawati

c.       Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan?

Jawab : Sudah sesuai, karena isi bacaan menginformasikan tentang kondisi lingkungan di Kampung Rajawati


  Contoh Teks 2: 

Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan

Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan? Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.

 

Contoh Soal !

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Contoh Jawaban:


D.     Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ciri-ciri Pubertas


  1. Masa Puber adalah tahap perkembangan manusia, di mana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.
  2.  Ciri-ciri Masa Puber Anak Laki-laki & Perempuan

*      Anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber.

*      Pubertas pada anak perempuan umumnya lebih dahulu daripada anak laki-laki.

*      Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi pada usia 10-15 tahun.

*      Ciri-ciri masa puber pada anak perempuan:

a.      Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin.

b.      Suara jadi melengking

c.       Payudara  mulai tumbuh dan membesar

d.      Pinggul membesar

*      Ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki:

a.      Badan bertambah tinggi

b.      Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin

c.       Suara jadi membesar

d.      Tumbuh jakun

e.      Tumbuh jumis, jambang dan jenggot.

f.        Bahu bertambah lebar dan bidang.

 

1.      E. Seni Budaya dan Prakarya

1.      Pengertian Interval Nada

Interval adalah sebuah jarak langkah dari nada  satu ke nada lainnya.

2.      Contoh:

3.  Tangga nada yang digunakan pada lagu di atas, dapat kamu lihat di bagian yang sudah ditandai, yaitu Tangga nada C = Do

4. Berikut merupakan table jarak nada pada bermacam-macam tangga nada.



5.   Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.

a.      Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.

b.      Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½.

c.       Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.

d.      Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.

e.      Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.

f.        Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.


c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.

 c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.

c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.

c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.

c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.

c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.

c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.

c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf

 

6.   Alat musik  daerah:

1. Angklung berasal dari Sunda Jawa Barat.

2. Gamelan bali berasal dari daerah Bali.

3. Tifa berasal dari daerah Maluku dan Papua.

4. Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara



Jangan lupa tinggalkan jejak komen agar saya semakin semangat untuk membagikan rangkuman materi pembelajaran terutama untuk Kelas 6. 
Silahkan share apabila tulisan ini bermanfaat. 
Silahkan follow blog saya apabila ingin selalu update dengan tulisan-tulisan saya. 
Terimakasih























kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

4 Komentar untuk "LENGKAP! Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 1 "

  1. Terima kasih bu duta cantik.rangkumanx sangat membantu

    BalasHapus
  2. matur suwun mbak kik... rangkumannya sangat membantu di masa pandemi saya ikuti tema selnjutnya

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget cik gu,,,,
    Suwuuunnn .....

    BalasHapus
Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel