Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

Garis Kehidupan Level 4 PembaTIK 2020

Hallo Sahabat Rumah Belajar

Lagi bangkit nih mood penulis amatir.

Yah.... begitulah saya menyebut diri saya sendiri seorang PENULIS AMATIR, karena emang modalnya cuma bisa menuangkan apa yang sedang saya pikirkan aja. Masalah teknik penulisan mah belakangan, apalagi masalah konflik... wadah bukan kisah fiksi jadi nggak usah belibet nyari konflik yah.

Okey...okey... mari kita lebih serius memahami tulisan ini, biasa aja wajahnya... nggak usah tegang gaes (bercanda uiiii).

“SESUATU YANG KITA TIDAK PERNAH IMPIKAN, DAPAT KITA RAIH ATAS RESTU SANG PEMILIK GARIS KEHIDUPAN”

Coba pahami kalimat itu lagi!

Sekarang coba renungkan, pernah nggak sih kalian mengalami hal yang sama?

Mungkin awalnya cuma coba-coba, tapi ternyata hasilnya begitu luar biasa.

Coba pikirkan lagi, untuk semua bidang, untuk semua pengalaman kehidupan kalian.

Pernah nggak kalian pikirkan, kenapa Tuhan memberi garis kehidupan itu kepada kita?

Tepat sekali.... KALIAN MAMPU 

Eitsss bukan berati yang lain tidak mampu, kalian disiapkan untuk KEMAMPUAN di bidang lain.

Hanya saja perlu kita pahami, garis kehidupan yang telah dipilih dapat menjadi momok besar bagi diri kita sendiri, baik yang negatif maupun yang positif, ya... sekali lagi tergantung kepada diri kita sendiri.

Kok jadi spiritual gini sih pembahasannya hahahah....

Oke oke, kita lanjut ke alur yang sesuai judul ya... tadi pemanasan dulu biar kita berpikir lebih dalam tentang diri kita sendiri.



Saya mulai dengan cerita LEVEL 4 PEMBATIK 2020

Berada di level ini sebenarnya membuat saya bimbang. Pengumuman yang memperlihatkan nama saya, menjadi satu-satunya peserta yang lolos di kabupaten Situbondo sebenarnya membuat pikiran saya campur aduk.

Perlu kalian ketahui, sebelumnya saya tidak tau teknis pendaftaran memasuki level 4 ini. Saya kira, mengikuti level 4 sama dengan level-level sebelumnya, yaitu dengan cara mendaftar secara pribadi.

Target saya, sebenarnya hanya sampai level 3. Saya memang tidak mau melanjutkan level 4, karena saya merasa tanggungjawabnya begitu besar dan munngkin saya tidak mampu menjalaninya.

Hingga sampai, pengumuman itu membuat saya terbelalak dan memang tetap  harus saya lanjutkan.

Baru saya sadari, begitu payahnya saya. 

Disaat orang lain menginginkan posisi saya, saya malah tidak bersemangat. 

Disaat orang lain mencoba berkali-kali untuk meraih kedudukan ini, saya malah enteng mau mengundurkan diri. 

Begitu pengecutnya saya apabila saya memilih jalan yang sebelumnya saya pikirkan.

Baru saya menyadari, posisi saya direbutkan oleh 70.312  peserta INDONESIA yang mengikuti kegiatan ini di tahun 2020.

Baru saya sadari, betapa banyak orang pintar disana yang menginginkan posisi saya saat ini.

Baru saya sadari, Tuhan telah memberikan garis kehidupan yang indah kepada saya. 

Terus... dengan bodohnya saya akan menyia-nyiakan hal tersebut tadinya.

Di titik ini saya juga baru sadar, ambisi kita terhadap suatu hal akan sirna begitu saja karena campur tangan Tuhan. 

Sebaliknya, sesuatu yang kita tidak pernah impikan, dengan campur tangan Tuhan kita dipilihnya. 

Dan percayalah,,, jika kalian dipilih berarti kalian mampu melakukannya.

Sebaliknya, jika kalian tidak terpilih maka Tuhan menyiapkan pilihan lain yang jauh lebih baik daripada pilihan seorang makhluk itu sendiri. 

Apakah hanya program PembaTIK hal ini berlaku?

Tidak kawan... semua bidang. Semua yang kalian inginkan. Jika kalian sudah membaca tulisan saya sebelumnya, maka kalian pasti memahami apabila salah satu itu tidak kalian laksanakan maka pastikanlah kalian tidak kecewa dengan hasilnya.

Untuk lolos ke level 4, perlu menjalani dulu di level 3.

Mari kita ke cerita LEVEL 3

Kali ini bukti garis kehidupan Tuhan yang begitu menarik. Kenapa?

Sebenarnya saya kehabisan waktu di level 3.

Loh.... kok bisa? Iya bisalah, namanya juga kehidupan. Tunggu dulu, kita cerita-cerita dulu....

Dengan kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini tentunya pekerjaan guru menjadi lebih berat. Nampun nampaknya terlihat oleh orang dari luar sana beda cerita, kira-kira seperti inilah gumamnya "gurunya enak-enakan di rumah, nggak perlu ngajar, tapi dapat gaji".  

Hayo siapa yang dapat ciutan seperti itu? 

Pasti banyak kan... Biarlah... nggak usah dipikirkan, karena rumput tetangga selalu nampak lebih hijau. Mereka nggak ngerasain aja, mengajar di era pandemi ini malah bikin puyeng... setuju nggak sih?

Oke.... kembali ke cerita level 3. Seiring kesibukan saya yang menumpuk, ada campur tangan Tuhan saat itu yang membuat web Simpatik tiba-tiba susah diakses, sehingga peserta level 3 gelombang 5 khususnya tidak dapat memasuki kelas daring. Tidak dapat unduh materi, tidak dapat mengikuti pembelajaran di kelas maya tersebut.

Nah... disaat saya sedang ada waktu kosong, tiba-tiba ada kabar menarik bahwa ada perpanjangan waktu untuk peserta level 3 gelombang 5. Uhui... kesempatan saya nih mendapat sertifikat level 3... asyek nggak tuh.... jadi ketauan kan alasan saya mengikuti ini hehehhehe....

Kira-kira kurang 5 hari waktunya, saya ngebut materi yang ada di Simpatik. Tidak hanya materi, tapi tugasnya yang ada 2 macam, yaitu membuat video pembelajaran dan media interaktif.

Nggak perlu kawatir, jika kalian nggak bisa menguasainya. Karena saya juga otodidak melakukan hal tersebut, yang penting ada kemauan dan alasan tentunya.

Agar nggak kebingungan di level 3 saya akan cerita dulu tentang level 1.

Level 1 PembaTIK (Literasi TIK)

Tugasnya apa ya?

Sesuai judul lah yo...

Tugasnya kalian duduk manis sambil membaca dan memahami materi, kemudian mengerjakan Tes Online. Gampang kan....

Level 2 PembaTIK (Implementasi TIK)

Tugasnya apa ya?

Tugasnya duduk manis lagi, sambil membaca dan memahami materi yang ada di modul. Jangan lupa, camilan dan kopinya disiapkan ya... buat ngganjal cacing-cacing diperut yang mulai koleps kalo disuruh membaca.

Untuk Level ini sudah sedikit meningkat ya... kalian dituntut untuk membuat video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran

Waduh nggak bisa membuat video pembelajaran nih...

Gampang.... zaman canggih gini... carilah tutorial di youtube

Saya juga otodidak kok, bedanya saya pernah belajar dari si empunya DRB JATIM 2019 yaitu Bang Noval, dan partnernya yaitu Mbak Pipit dan Mbak Amel hahahah....  Tentunya terimakasih juga buat Bapak Sahadi yang mendukung acara tersebut sebagai program di PGRI Kabupaten Situbondo.

Hanya berbekal HP saja kok kita sudah bisa membuat video yang menarik.... oke... kapan-kapan saya buat tutorialnya kalo kalian mau.... (yang mau wajib komen lo,,, biar saya tahu ada yang respon menginginkannya)

Setelah itu kita akan melewati Tes online juga seperti level sebelumnya.

Nah...jeng...jeng saatnya kembali ke LEVEL 3 PembaTIK (Kreasi TIK)

Duduk manis lagi, ikut kelas daring, unduh modul, baca modul ya... seperti level sebelumnya...

Tapi... taraaaaa kali ini emmm lebih berat (menurutku yang pas-pas an ini)

Level ini diminta mengunggah Karya Konten Pembelajaran yang terdiri dari 3 macam karya, yaitu Resume poin materi, media Interaktif, sama media berupa video pembelajaran siapin ajalah gaes.... soalnya bagi guru awam seperti saya lumayan ribet juga tugasnya.

Tips buat lewatin level ini, banyak-banyak cari referensi cara pembuatan media interaktif biar nggak gatot lah pokoknya....

Kalo sudah selesai buat, pastikan karyamu dapat dibuka oleh panitia PembaTIK. karena banyak yang tidak lolos, karena media yang kamu buat terlalu berat kapasitasnya sehingga susah untuk dibuka atau bahkan tidak bisa dibuka.

Punya saya juga sepeti itu sebelumnya, saat mencoba membuka media interaksinya ternyata lemot banget loadingnya. Akhirnya dengan berbagai cara, saya buat donk medianya biar tidak berat dibuka... dan alhamdulillah loh berhasil...

Mau tau nggak caranya? (komen dulu gess,,, nanti aku sharing caranya kalo berminat)

Nah kalo sudah berusaha semampu kalian, sekarang waktunya tahap menyerahkan semua pada garis Tuhan.

Jikalau pun nggak lolos level 3, yang jelas kalian nggak lolosnya dengan cara terhormat, karena udah mau berusaha.

Jika lolos tapi belum bisa masuk level 4, maka ucapkan “ALHAMDULILLAH” Ikhlaskan garis kehidupan yang sudah ditentukan untukmu. Ada suprise takdir menarik  yang disiapkan untukmu kok....

Intinya gini, “GARIS HIDUP SUDAH DITENTUKAN, LAKUKAN DENGAN PENUH USAHA DAN PASRAHKAN KEPADA SANG PEMILIK GARIS KEHIDUPAN”

Terimakasih...

Cukup panjang juga saya ngoceh,,,, semoga penulis amatir ini tidak membuat pusing kalian hehehhe

Penulis amatir masih butuh like dan komen bagi kalian para pembaca, agar si amatir ini punya energi lagi untuk menulis.

Wassalammualaikum Wr. Wb

kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

13 Komentar untuk "Garis Kehidupan Level 4 PembaTIK 2020"

  1. Good... Lanjutkan. Sukses selalau...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ada ketupat dibungkus daun kemudian di lipat.
    Semangat dan selamat
    Bu Kiki sudah di Level 4 .

    Artinya... satu tahap mengikuti jejak Abang Noval DRB Jatim 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh abang ragil pintar berpantul ternyata....

      Tutup panci ketiban kaca
      Pecah berkeping tak bisa bersatu
      Terimakasih sudah membaca
      Semangatmu memang yang ku mau

      Aseekkkkkk

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih bu guru cantik... tertular aku tuh... dengan semangatnya sampean

      Hapus
  5. Semoga sukses sampai d level berikutx dan bs membawa nama baik sekolah, PGRI, dan kabupaten kita,,, amin

    BalasHapus
  6. Dimana ada niat + tekad = sertifikat ya bu..hehe, kami tunggu sharing ilmunya lagi..karna ini sungguh menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih dukungannya Bapak atau ibu 🙏🙏🙏

      Hapus
Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel