BEST PRACTICE PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR
MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
PELAKSANAAN
& HASIL YANG DIPEROLEH
A.
Tujuan
dan Sasaran
Tujuan penulisan praktik
baik ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar
menggunakan model Problem Based Learning.
Sasaran pelaksanaan praktik baik ini adalah siswa kelas V di
SD Negeri 1 Arjasa yang terdiri sebanyak 24 siswa.
B.
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan
Tempat dilaksanakan praktik baik ini yaitu di rumah masing-masing guru dan siswa karena melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan. Praktik baik ini dilaksanakan pada bulan Mei 2020.
C.
Alat/Instrumen
Media
pembelajaran yang digunakan dalam praktik baik ini yaitu video pembelajaran
serta pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Alat yang digunakan untuk menunjang
pembelajaran ini yaitu handphone.
Instrumen
yang digunakan dalam praktik baik ini ada 2 macam yaitu (a) instrumen untuk
mengamati proses pembelajaran berupa
lembar observasi, dan (b) instrumen untuk melihat hasil belajar siswa dengan
menggunakan tes tulis pilihan ganda dan uraian.
D.
Pelaksanaan
Praktik Baik
Pelaksanaan praktik baik
ini yaitu pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan model Problem Based Learning. Berikut ini
langkah-langkah pelaksanaan praktik baik yang telah dilakukan.
1.
Menyiapkan
Penyelenggaraan Kelas Maya
Sekolah sebagai
penyelenggara, guru, dan siswa wajib melakukan pendaftaran di fitur Kelas Maya.
Dalam hal ini, untuk mempermudah terlaksananya pembelajaran maka guru sudah
mendaftarkan setiap peserta untuk memasuki Kelas Maya. Sehingga, peserta didik
lebih mudah untuk mengikuti kelas. Berikut alur pendaftaran Kelas Maya.
2.
Menyiapkan
Tata Cara Penggunaan Portal Rumah Belajar
Melalui aplikasi Whatsapp
grup, siswa diberikan informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan
pada Portal Rumah Belajar. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan
siswa untuk mengenal aplikasi Portal Belajar.
a. Download
kemudian instal aplikasi rumah belajar di Play
store
b. Klik
next
c. Klik
akun
d. Login
memakai username dan sandi sesuai dengan data yang dikirim guru.
e. Pilih
fitur Kelas Maya
f.
Cari nama kelas yang akan
diikuti. Nama kelas akan diinformasikan guru lebih lanjut.
g. Masukkan
kata kunci kelas maya untuk bergabung. Ketik kata kunci yang akan diinformasikan
guru lebih lanjut.
h. Perhatikan
menu lihat kelas, yaitu pengumuman, materi dan forum diskusi.
1) Pengumuman; berisi informasi terkait pembelajaran yang disampaikan guru
2) Materi: berisi tampilan materi yang telah diunggah guru.
3) Forum Diskusi; berisi tanya jawab terkait topik tertentu antara guru dengan siswa.
3.
Merencakan
Kegiatan Pembelajaran dengan Model Problem
Based Learning.
Pada penerapan
pembelajaran dalam jaringan menggunalan model Problem Based Learning, guru telah merencanakan kegiatan
pembelajaran sesuai sintaks yang disampaikan oleh Arends dalam bentuk modul di
fitur Kelas Maya. Berikut ini tabel
perencanaan yang akan dilaksanakan.
|
Fase |
Perilaku Guru |
Fase 1:
Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada peserta didik |
Guru
memberikan kegiatan “ayo mengamati”. Guru menuntun siswa untuk berfikir
tentang masalah yang ada di lingkungan sekitar |
Fase 2:
Mengorganisasikan peserta didik untuk meneliti |
Guru
memberikan kegiatan “Ayo Berdiskusi”. Guru menugaskan peserta didik untuk
berdiskusi tentang masalah yang dia dapatkan dengan orangtuanya. |
Fase 3:
Membantu investigasi mandiri dan kelompok |
Guru
memberikan kegiatan “Ayo Mencari Informasi”. Guru mendorong peserta didik
untuk mendapatkan informasi yang tepat melaksanakan eksperimen, dan mencari
penjelasan dan solusi. |
Fase 4:
Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya dan memamerkan |
Guru
membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan hasil karya yang
tepat, berupa pelaporan dan gambar. |
Fase 5 :
Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah |
Guru
membantu peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap penyelidikannya dan
proses-proses yang mereka gunakan. |
4.
Penyusunan
Modul Kegiatan Peserta Didik.
Perencanaan kegiatan
sesuai sintaks model Problem Based
Learning dikemas kedalam modul kegiatan yang diunggak ke Portal Rumah
Belajar pada fitur Kelas Maya. Berikut ini modul yang telah disusun:
Kegiatan
1 |
Ayo Mengamati! Air Pada Kehidupan
Sehari-hari Anah-anak tentunya kamu setiap hari
akan memanfaatkan air dalam kegiatanmu. Air biasanya kamu gunakan untuk
mandi, minum, mencuci, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Pernahkah kamu berfikir, mengapa air
di bumi tidak pernah habis? Bagaimana caranya air dapat selalu
memenuhi kebutuhan kita sehari-hari? |
Kegiatan
2 |
Ayo Berdiskusi! Pada kegiatan 1, terdapat pertanyaan tentang masalah air di lingkunganmu! Sekarang kegiatanmu,
diskusilah bersama orangtuamu tentang pertanyaan berikut ini!
|
Kegiatan
3 |
Ayo Mencari Informasi! Siklus Air Pada kegiatan ke-3 kamu dapat mencari
materi di fitur sumber belajar pada portal rumah belajar. Selain itu pada modul ini, juga
dilengkapi dengan video pembelajaran tentang siklus air, yang ibu buat khusus
buat kalian. Saat melihat video, siapkanlah buku
dan alat tulis untuk mencatat materi yang penting! Mari kita simak video berikut ini! Dapat
diakses di https://www.youtube.com/watch?v=2ag4KvdTABg Gambar 3.2 Gambar Video
Pembelajaran Siklus Air |
Kegiatan 4 |
AYO BERLATIH! Jawablah pertanyaan berikut, sesuai
dengan informasi materi yang sudah kalian dapatkan! 1. Sebutkan 3 manfaat air di kehidupan
sehari-hari! 2. Jelaskan apa yang dimaksud
siklus air! 3. Buatlah diagram proses siklus air! 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
evaporasi! 5. Jelaskan apa yang dimaksud
transpirasi! 6. Jelaskan apa yang dimaksud kondensasi! 7. Jelaskan apa yang dimaksud
presipitasi! 8. Jelaskan apa yang dimaksud
infiltrasi! 9.Apakah jumlah air dibumi itu
tetap! Jelaskanlah jawabanmu! 10. Gambarlah proses siklus air
disertai keterangannya,di buku gambar! |
Kegiatan 5 |
Mengerjakan soal ujian sebanyak 10 soal pilihan ganda |
E.
Hasil
Kegiatan
Hasil yang dapat
dilaporkan dari praktik baik Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model
Problem Based Learning pada Peserta
Didik Kelas V SDN 1 Arjasa dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Penggunaan
portal Rumah Belajar memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh
dalam jaringan. Fitur kelas maya yang dilengkapi menu soal ujian membuat guru
lebih mudah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut terbukti
dari hasil penilaian yang secara otomatis akan keluar setelah siswa
melaksanakan kegiatan yang dirancang untuk siswa.
2. Proses
pembelajaran yang dilakukan jarak jauh dalam jaringan memanfaatkan portal rumah
belajar menggunakan model Problem Based
Learning berlangsung aktif. Hal
tersebut terbukti dari analisis hasil observasi, yaitu sebanyak 79% siswa aktif
dalam kemampuan berpikir kritis. Rincian hasil tersebut, yaitu sebanyak 11 siswa mendapatkan kategori A,
sebanyak 8 siswa mendapatkan kategori B dan sebanyak 5 siswa mendapatkan
kategori C pada kemampuan berpikir kritis.
3. Pada
evaluasi pembelajaran yang terdiri dari nilai tugas dan nilai ujian didapatkan
hasil, yaitu 79% siswa mendapatkan nilai diatas KKM dan sebanyak 21% siswa
mendapatkan nilai di bawah KKM.
F. Masalah
yang Dihadapi
Masalah yang dihadapi penulis ketika
menerapkan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning yaitu:
1. Beberapa
siswa mengalami gejala eror saat akan melaksanakan ujian
2. Siswa
masih butuh bimbingan dalam penggunaan Portal Rumah Belajar terutama dalam
mencari sumber belajar.
G. Cara
Mengatasi Masalah
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi
penulis ketika menerapkan pembelajaran Pemanfaatan Portal Rumah Belajar
menggunakan Model Problem Based Learning
adalah
1. Guru
memberikan tutorial penyelesaian masalah terkait system eror saat mengikuti
ujian kepada siswa.
2. Guru
membuat tutorial lebih lengkap dan membimbing secara intensif penggunaan Portal
Rumah Belajar.
SIMPULAN
DAN REKOMENDASI
A.
Simpulan
Berdasarkan
uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
- Pemanfaatan
Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based
Learning dapat dilaksanakan dengan cara pendaftaran
penyelenggara, guru, dan peserta didik pada Portal Rumah Belajar. Guru
menyiapkan kegiatan pembelajaran melalui fitur Kelas Maya kemudian siswa
memasuki kelas sesuai dengan langkah-langkah yang telah diinformasikan
oeleh guru.
- Pemanfaatan
Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based
Learning dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.
B.
Rekomendasi
Berdasarkan
hasil praktik baik Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning berikut
disampaikan rekomendasi yang relevan.
- Guru
hendaknya lebih kreatif dalam pembuatan modul kegiatan siswa serta
memberikan langkah rinci untuk menuntun siswa dalam memanfaatkan portal
rumah belajar.
- Siswa
diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir kritis terhadap setiap
masalah yang dihadapi. Serta dapat memberikan solusi terhadap masalah
tersebut. Oleh karena itu, siswa perlu memaksimalkan kegiatannya untuk
mendapatkan informasi melalui fitur sumber belajar.
- Lembaga
penyelenggara yaitu sekolah yang dipipin oleh sekolah diharapkan untuk
merekomendasikan penggunaan Portal Rumah Belajar bagi setiap pendidik, agar
aktivitas pembelajaran mudah untuk dikontrol.
Pedoman Instrumen Penilaian Kemampuan
Berpikir Kritis
A. Teknik Penilaian :
Observasi dan Penilaian Diri
B. Bentuk Instrumen :
Lembar Observasi dan Lembar Penilaian
Diri
C. Kisi-kisi :
Kemampuan |
Indikator |
Sub Indikator |
Bobot |
Berpikir Kritis |
Berani Bertanya |
Siswa mengajukan lebih dari atau sama dengan 3 pertanyaan sesuai
topik |
3 |
Siswa mengajukan 2 pertanyaan sesuai topik |
2 |
||
Siswa mengajukan 1 pertanyaan sesuai topik |
1 |
||
Berani Menjawab |
Siswa menjawab lebih dari atau sama dengan 3 pertanyaan sesuai
topik |
3 |
|
Siswa menjawab 2 pertanyaan sesuai topik |
2 |
||
Siswa menjawab 1 pertanyaan sesuai topik |
1 |
||
Berani Menanggapi |
Siswa memberikan lebih dari atau sama dengan 3 pendapat atau
tanggapan tentang masalah yang belum terselesaikan |
3 |
|
Siswa memberikan 2 pendapat atau tanggapan tentang masalah yang
belum terselesaikan |
2 |
||
Siswa memberikan 1 pendapat atau tanggapan tentang masalah yang
belum terselesaikan |
1 |
Instrumen
Penilaian Kemapuan Berpikir Kritis Kelas V
Tahun
pelajaran 2019-2020
No. |
Nama Siswa |
Bobot Indikator |
Jumlah |
||
Bertanya |
Menjawab |
Menanggapi |
|||
1 |
Achmad Raihan Ramadhan |
2 |
3 |
3 |
8 |
2 |
Adelia Fathin Kamila |
3 |
3 |
3 |
9 |
3 |
Ainur Rofiq |
2 |
3 |
2 |
7 |
4 |
Aldi Jaka Arya |
1 |
2 |
1 |
4 |
5 |
Atiqoh Maulidia |
2 |
3 |
2 |
7 |
6 |
Dedy Ali Firansah |
1 |
2 |
2 |
5 |
7 |
Dinda Isnawati |
1 |
2 |
2 |
5 |
8 |
Erika Maufiratul Kamilia |
2 |
3 |
3 |
8 |
9 |
Faikur Rahman |
2 |
2 |
3 |
7 |
10 |
Fariditya Abdi |
3 |
3 |
3 |
9 |
11 |
Febri Deni Syahrullah |
2 |
3 |
3 |
8 |
12 |
Jho Handika P.Putra |
2 |
3 |
3 |
8 |
13 |
Juwita Dela Safira |
3 |
2 |
3 |
8 |
14 |
Kamelia Fara |
2 |
3 |
2 |
7 |
15 |
Karunia Adjie Saputro |
1 |
2 |
2 |
5 |
16 |
Kasih Sayang Aprilia Riyadi |
2 |
2 |
3 |
7 |
17 |
Mohammad Farel Dwi Herlino |
2 |
2 |
3 |
7 |
18 |
Mujahid Dzaky Al Mukmin |
3 |
3 |
3 |
9 |
19 |
Rahel Izza Maulana |
3 |
3 |
3 |
9 |
20 |
Raihanah Hanuun |
3 |
2 |
3 |
8 |
21 |
Rani Agustin Setyorini |
2 |
2 |
3 |
7 |
22 |
Syafira Ayudiah Lestari |
3 |
3 |
3 |
9 |
23 |
Velina Dita Rhozalia |
2 |
3 |
2 |
7 |
24 |
Ale Sandro |
0 |
1 |
1 |
2 |
Hasil
Analisis Penilaian Kemapuan Berpikir Kritis Kelas V
Tahun
pelajaran 2019-2020
No. |
Nama Siswa |
Jumlah Bobot |
Persentase (%) |
Kategori Kemampuan |
1 |
Achmad Raihan Ramadhan |
8 |
89 |
A |
2 |
Adelia Fathin Kamila |
9 |
100 |
A |
3 |
Ainur Rofiq |
6 |
78 |
B |
4 |
Aldi Jaka Arya |
2 |
44 |
C |
5 |
Atiqoh Maulidia |
5 |
78 |
B |
6 |
Dedy Ali Firansah |
3 |
56 |
C |
7 |
Dinda Isnawati |
3 |
56 |
C |
8 |
Erika Maufiratul Kamilia |
6 |
89 |
A |
9 |
Faikur Rahman |
6 |
78 |
B |
10 |
Fariditya Abdi |
9 |
100 |
A |
11 |
Febri Deni Syahrullah |
6 |
89 |
A |
12 |
Jho Handika P.Putra |
8 |
89 |
A |
13 |
Juwita Dela Safira |
8 |
89 |
A |
14 |
Kamelia Fara |
5 |
78 |
B |
15 |
Karunia Adjie Saputro |
4 |
56 |
C |
16 |
Kasih Sayang Aprilia Riyadi |
5 |
78 |
B |
17 |
Mohammad Farel Dwi Herlino |
7 |
78 |
B |
18 |
Mujahid Dzaky Al Mukmin |
9 |
100 |
A |
19 |
Rahel Izza Maulana |
9 |
100 |
A |
20 |
Raihanah Hanuun |
8 |
89 |
A |
21 |
Rani Agustin Setyorini |
5 |
78 |
B |
22 |
Syafira Ayudiah Lestari |
9 |
100 |
A |
23 |
Velina Dita Rhozalia |
6 |
78 |
B |
24 |
Ale Sandro |
2 |
22 |
C |
Hasil
Penilaian Pembelajaran
Pada
Portal Rumah Belajar Fitur Kelas Maya
SIKLUS AIR
KELAS 5A - Sesi 1 |
|||||
ID User |
Nama |
Nilai Tugas
Akhir |
Nilai Ujian
Akhir |
Nilai Akhir |
|
raihankelas5 |
ACHMAD RAIHAN RAMADHAN |
80 |
100 |
90 |
Lulus |
adelkelas5 |
ADELIA FATHIN KAMILA |
85 |
100 |
92,5 |
Lulus |
rofiqkelas5 |
AINUR ROFIQ |
90 |
100 |
95 |
Lulus |
aldikelas5 |
ALDI JAKA ARYA |
70 |
70 |
70 |
Tidak Lulus |
atiqohkelas5 |
ATIQOH MAULIDIA |
80 |
100 |
90 |
Lulus |
dedykelas5 |
DEDY ALI FIRANSAH |
80 |
0 |
40 |
Tidak Lulus |
dindakelas5 |
DINDA ISNAWATI |
79 |
85 |
82 |
Lulus |
erikakelas5 |
ERIKA MAUFIRATUL KAMILIA |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
faikkelas5 |
FAIKUR RAHMAN |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
aditkelas5 |
FARIDITYA ABDI |
85 |
100 |
92,5 |
Lulus |
febrikelas5 |
FEBRI DENI SYAHRULLAH |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
dikakelas5 |
JHO HANDIKA P.PUTRA |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
juwitakelas5 |
JUWITA DELA SAFIRA |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
amelkelas5 |
KAMELIA FARA |
90 |
80 |
85 |
Lulus |
adjiekelas5 |
KARUNIA ADJIE SAPUTRO |
0 |
100 |
50 |
Tidak Lulus |
kasihkelas5 |
KASIH SAYANG APRILIA RIYADI |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
farelkelas5 |
MOHAMMAD FAREL DWI HERLINO |
0 |
0 |
0 |
Tidak Lulus |
dzakkykelas5 |
MUJAHID DZAKY AL MUKMIN |
85 |
100 |
92,5 |
Lulus |
rahelkelas5 |
RAHEL IZZA MAULANA |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
raihanahkelas5 |
RAIHANAH HANUUN |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
ranikelas5 |
RANI AGUSTIN SETYORINI |
100 |
85 |
92,5 |
Lulus |
syafirakelas5 |
SYAFIRA AYUDIAH LESTARI |
85 |
100 |
92,5 |
Lulus |
velinakelas5 |
VELINA DITA RHOZALIA |
100 |
100 |
100 |
Lulus |
alekelas5 |
ALE SANDRO |
0 |
0 |
0 |
Tidak Lulus |
belajar.kemdikbud.go.idKelasMaya |
Mantap mbak kiki
BalasHapusTerimakasih bu evin
BalasHapus