Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

BEST PRACTICE PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

 





BEST PRACTICE 

PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR

MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING



PELAKSANAAN & HASIL YANG DIPEROLEH

 

A.  Tujuan dan Sasaran

Tujuan penulisan praktik baik ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan model Problem Based Learning.

Sasaran pelaksanaan praktik baik ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Arjasa yang terdiri sebanyak 24 siswa.

 

B.  Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat dilaksanakan praktik baik ini yaitu di rumah masing-masing guru dan siswa karena melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan. Praktik baik ini dilaksanakan pada bulan Mei 2020.


C.  Alat/Instrumen

Media pembelajaran yang digunakan dalam praktik baik ini yaitu video pembelajaran serta pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Alat yang digunakan untuk menunjang pembelajaran ini yaitu handphone.

Instrumen yang digunakan dalam praktik baik ini ada 2 macam yaitu (a) instrumen untuk mengamati proses pembelajaran  berupa lembar observasi, dan (b) instrumen untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan tes tulis pilihan ganda dan uraian.

 

D.    Pelaksanaan Praktik Baik

Pelaksanaan praktik baik ini yaitu pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan model Problem Based Learning. Berikut ini langkah-langkah pelaksanaan praktik baik yang telah dilakukan.

 

1.      Menyiapkan Penyelenggaraan Kelas Maya

Sekolah sebagai penyelenggara, guru, dan siswa wajib melakukan pendaftaran di fitur Kelas Maya. Dalam hal ini, untuk mempermudah terlaksananya pembelajaran maka guru sudah mendaftarkan setiap peserta untuk memasuki Kelas Maya. Sehingga, peserta didik lebih mudah untuk mengikuti kelas. Berikut alur pendaftaran Kelas Maya.



 Gambar 3.1 Alur Pendaftaran Portal Rumah Belajar

2.      Menyiapkan Tata Cara Penggunaan Portal Rumah Belajar

Melalui aplikasi Whatsapp grup, siswa diberikan informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan pada Portal Rumah Belajar. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan siswa untuk mengenal aplikasi Portal Belajar.

a.       Download kemudian instal aplikasi rumah belajar di Play store

b.      Klik next

c.       Klik akun

d.      Login memakai username dan sandi sesuai dengan data yang dikirim guru.

e.       Pilih fitur Kelas Maya

f.        Cari nama kelas yang akan diikuti. Nama kelas akan diinformasikan guru lebih lanjut.

g.      Masukkan kata kunci kelas maya untuk bergabung. Ketik kata kunci yang akan diinformasikan guru lebih lanjut.

h.      Perhatikan menu lihat kelas, yaitu pengumuman, materi dan forum diskusi.

1) Pengumuman; berisi informasi terkait pembelajaran yang disampaikan guru

2) Materi: berisi tampilan materi yang telah diunggah guru.

3) Forum Diskusi; berisi tanya jawab terkait topik tertentu antara guru dengan  siswa.

 

 

3. Merencakan Kegiatan Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning.

Pada penerapan pembelajaran dalam jaringan menggunalan model Problem Based Learning, guru telah merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai sintaks yang disampaikan oleh Arends dalam bentuk modul di fitur Kelas Maya.  Berikut ini tabel perencanaan yang akan dilaksanakan.

                                Tabel 3.1 Perencanaan Sintaks Model Problem Based Learning

 

 


Fase

Perilaku Guru

Fase 1: Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada peserta didik

Guru memberikan kegiatan “ayo mengamati”. Guru menuntun siswa untuk berfikir tentang masalah yang ada di lingkungan sekitar

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk meneliti

Guru memberikan kegiatan “Ayo Berdiskusi”. Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi tentang masalah yang dia dapatkan dengan orangtuanya.

Fase 3: Membantu investigasi mandiri dan kelompok

Guru memberikan kegiatan “Ayo Mencari Informasi”. Guru mendorong peserta didik untuk mendapatkan informasi yang tepat melaksanakan eksperimen, dan mencari penjelasan dan solusi.

Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya dan memamerkan

Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan hasil karya yang tepat, berupa pelaporan dan gambar.

Fase 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah

Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap penyelidikannya dan proses-proses yang mereka gunakan.

 

4. Penyusunan Modul Kegiatan Peserta Didik.

Perencanaan kegiatan sesuai sintaks model Problem Based Learning dikemas kedalam modul kegiatan yang diunggak ke Portal Rumah Belajar pada fitur Kelas Maya. Berikut ini modul yang telah disusun:

Kegiatan 1

Ayo Mengamati!

Air Pada Kehidupan Sehari-hari

Anah-anak tentunya kamu setiap hari akan memanfaatkan air dalam kegiatanmu. Air biasanya kamu gunakan untuk mandi, minum, mencuci, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Pernahkah kamu berfikir, mengapa air di bumi tidak pernah habis?

Bagaimana caranya air dapat selalu memenuhi kebutuhan kita sehari-hari?

Kegiatan 2

Ayo Berdiskusi!

Pada kegiatan 1, terdapat pertanyaan tentang masalah air di lingkunganmu!

Sekarang kegiatanmu, diskusilah bersama orangtuamu tentang pertanyaan berikut ini!

  1. Dari manakah air sebenarnya berasal?
  2. Apakah air di muka bumi dapat habis?
  3. Apa yang terjadi apabila makhlukhidup kekurangan air

Kegiatan 3

Ayo Mencari Informasi!

Siklus Air

Pada kegiatan ke-3 kamu dapat mencari materi di fitur sumber belajar pada portal rumah belajar. 

Selain itu pada modul ini, juga dilengkapi dengan video pembelajaran tentang siklus air, yang ibu buat khusus buat kalian.

Saat melihat video, siapkanlah buku dan alat tulis untuk mencatat materi yang penting!

Mari kita simak video berikut ini!

Dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=2ag4KvdTABg


Gambar 3.2 Gambar Video Pembelajaran Siklus Air

Kegiatan 4

AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut, sesuai dengan informasi materi yang sudah kalian dapatkan!

1. Sebutkan 3 manfaat air di kehidupan sehari-hari!

2. Jelaskan apa yang dimaksud siklus air!

3. Buatlah diagram proses siklus air!

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan evaporasi!

5. Jelaskan apa yang dimaksud transpirasi! 

6. Jelaskan apa yang dimaksud kondensasi!

7. Jelaskan apa yang dimaksud presipitasi!

8. Jelaskan apa yang dimaksud infiltrasi!

9.Apakah jumlah air dibumi itu tetap! Jelaskanlah jawabanmu! 

10. Gambarlah proses siklus air disertai keterangannya,di buku gambar! 

Kegiatan 5

Mengerjakan soal ujian sebanyak 10 soal pilihan ganda

 

 

 


E.  Hasil Kegiatan

Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Arjasa dapat diuraikan sebagai berikut.

1.      Penggunaan portal Rumah Belajar memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan. Fitur kelas maya yang dilengkapi menu soal ujian membuat guru lebih mudah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut terbukti dari hasil penilaian yang secara otomatis akan keluar setelah siswa melaksanakan kegiatan yang dirancang untuk siswa.

2.      Proses pembelajaran yang dilakukan jarak jauh dalam jaringan memanfaatkan portal rumah belajar menggunakan model Problem Based Learning  berlangsung aktif. Hal tersebut terbukti dari analisis hasil observasi, yaitu sebanyak 79% siswa aktif dalam kemampuan berpikir kritis. Rincian hasil tersebut, yaitu  sebanyak 11 siswa mendapatkan kategori A, sebanyak 8 siswa mendapatkan kategori B dan sebanyak 5 siswa mendapatkan kategori C pada kemampuan berpikir kritis.

3.      Pada evaluasi pembelajaran yang terdiri dari nilai tugas dan nilai ujian didapatkan hasil, yaitu 79% siswa mendapatkan nilai diatas KKM dan sebanyak 21% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.

 

F.   Masalah yang Dihadapi

Masalah yang dihadapi penulis ketika menerapkan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning yaitu:

1.      Beberapa siswa mengalami gejala eror saat akan melaksanakan ujian

2.      Siswa masih butuh bimbingan dalam penggunaan Portal Rumah Belajar terutama dalam mencari sumber belajar.

 

G.  Cara Mengatasi Masalah

Untuk mengatasi masalah yang dihadapi penulis ketika menerapkan pembelajaran Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning adalah

1.      Guru memberikan tutorial penyelesaian masalah terkait system eror saat mengikuti ujian kepada siswa. 

2.      Guru membuat tutorial lebih lengkap dan membimbing secara intensif penggunaan Portal Rumah Belajar.

SIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

A.      Simpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning dapat dilaksanakan dengan cara pendaftaran penyelenggara, guru, dan peserta didik pada Portal Rumah Belajar. Guru menyiapkan kegiatan pembelajaran melalui fitur Kelas Maya kemudian siswa memasuki kelas sesuai dengan langkah-langkah yang telah diinformasikan oeleh guru.
  2. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

B.       Rekomendasi

Berdasarkan hasil praktik baik Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning berikut disampaikan rekomendasi yang relevan.

  1. Guru hendaknya lebih kreatif dalam pembuatan modul kegiatan siswa serta memberikan langkah rinci untuk menuntun siswa dalam memanfaatkan portal rumah belajar.
  2. Siswa diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir kritis terhadap setiap masalah yang dihadapi. Serta dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Oleh karena itu, siswa perlu memaksimalkan kegiatannya untuk mendapatkan informasi melalui fitur sumber belajar.
  3. Lembaga penyelenggara yaitu sekolah yang dipipin oleh sekolah diharapkan untuk merekomendasikan penggunaan Portal Rumah Belajar bagi setiap pendidik, agar aktivitas pembelajaran mudah untuk dikontrol.









 

Pedoman Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis

 

A.    Teknik Penilaian   : Observasi dan Penilaian Diri

B.     Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan  Lembar Penilaian Diri

C.     Kisi-kisi :

 

Kemampuan

Indikator

Sub Indikator

Bobot

Berpikir Kritis

Berani Bertanya

Siswa mengajukan lebih dari atau sama dengan 3 pertanyaan sesuai topik

3

Siswa mengajukan 2 pertanyaan sesuai topik

2

Siswa mengajukan 1 pertanyaan sesuai topik

1

Berani Menjawab

Siswa menjawab lebih dari atau sama dengan 3 pertanyaan sesuai topik

3

Siswa menjawab 2 pertanyaan sesuai topik

2

Siswa menjawab 1 pertanyaan sesuai topik

1

Berani Menanggapi

Siswa memberikan lebih dari atau sama dengan 3 pendapat atau tanggapan tentang masalah yang belum terselesaikan

3

Siswa memberikan 2 pendapat atau tanggapan tentang masalah yang belum terselesaikan

2

Siswa memberikan 1 pendapat atau tanggapan tentang masalah yang belum terselesaikan

1

 

  

Instrumen Penilaian Kemapuan Berpikir Kritis Kelas V

Tahun pelajaran 2019-2020

No.

Nama Siswa

Bobot Indikator

Jumlah

Bertanya

Menjawab

Menanggapi

1

Achmad Raihan Ramadhan

2

3

3

8

2

Adelia Fathin Kamila

3

3

3

9

3

Ainur Rofiq

2

3

2

7

4

Aldi Jaka Arya

1

2

1

4

5

Atiqoh Maulidia

2

3

2

7

6

Dedy Ali Firansah

1

2

2

5

7

Dinda Isnawati

1

2

2

5

8

Erika Maufiratul Kamilia

2

3

3

8

9

Faikur Rahman

2

2

3

7

10

Fariditya Abdi

3

3

3

9

11

Febri Deni Syahrullah

2

3

3

8

12

Jho Handika P.Putra

2

3

3

8

13

Juwita Dela Safira

3

2

3

8

14

Kamelia Fara

2

3

2

7

15

Karunia Adjie Saputro

1

2

2

5

16

Kasih Sayang Aprilia Riyadi

2

2

3

7

17

Mohammad Farel Dwi Herlino

2

2

3

7

18

Mujahid Dzaky Al Mukmin

3

3

3

9

19

Rahel Izza Maulana

3

3

3

9

20

Raihanah Hanuun

3

2

3

8

21

Rani Agustin Setyorini

2

2

3

7

22

Syafira Ayudiah Lestari

3

3

3

9

23

Velina Dita Rhozalia

2

3

2

7

24

Ale Sandro

0

1

1

2

Hasil Analisis Penilaian Kemapuan Berpikir Kritis Kelas V

Tahun pelajaran 2019-2020

No.

Nama Siswa

Jumlah

Bobot 

Persentase

(%)

Kategori Kemampuan

1

Achmad Raihan Ramadhan

8

89

A

2

Adelia Fathin Kamila

9

100

A

3

Ainur Rofiq

6

78

B

4

Aldi Jaka Arya

2

44

C

5

Atiqoh Maulidia

5

78

B

6

Dedy Ali Firansah

3

56

C

7

Dinda Isnawati

3

56

C

8

Erika Maufiratul Kamilia

6

89

A

9

Faikur Rahman

6

78

B

10

Fariditya Abdi

9

100

A

11

Febri Deni Syahrullah

6

89

A

12

Jho Handika P.Putra

8

89

A

13

Juwita Dela Safira

8

89

A

14

Kamelia Fara

5

78

B

15

Karunia Adjie Saputro

4

56

C

16

Kasih Sayang Aprilia Riyadi

5

78

B

17

Mohammad Farel Dwi Herlino

7

78

B

18

Mujahid Dzaky Al Mukmin

9

100

A

19

Rahel Izza Maulana

9

100

A

20

Raihanah Hanuun

8

89

A

21

Rani Agustin Setyorini

5

78

B

22

Syafira Ayudiah Lestari

9

100

A

23

Velina Dita Rhozalia

6

78

B

24

Ale Sandro

2

22

C

Hasil Penilaian Pembelajaran

Pada Portal Rumah Belajar Fitur Kelas Maya

 

SIKLUS AIR KELAS 5A - Sesi 1

ID User

Nama

Nilai Tugas Akhir

Nilai Ujian Akhir

Nilai Akhir

 

raihankelas5

ACHMAD RAIHAN RAMADHAN

80

100

90

Lulus

adelkelas5

ADELIA FATHIN KAMILA

85

100

92,5

Lulus

rofiqkelas5

AINUR ROFIQ

90

100

95

Lulus

aldikelas5

ALDI JAKA ARYA

70

70

70

Tidak Lulus

atiqohkelas5

ATIQOH MAULIDIA

80

100

90

Lulus

dedykelas5

DEDY ALI FIRANSAH

80

0

40

Tidak Lulus

dindakelas5

DINDA ISNAWATI

79

85

82

Lulus

erikakelas5

ERIKA MAUFIRATUL KAMILIA

100

100

100

Lulus

faikkelas5

FAIKUR RAHMAN

100

100

100

Lulus

aditkelas5

FARIDITYA ABDI

85

100

92,5

Lulus

febrikelas5

FEBRI DENI SYAHRULLAH

100

100

100

Lulus

dikakelas5

JHO HANDIKA P.PUTRA

100

100

100

Lulus

juwitakelas5

JUWITA DELA SAFIRA

100

100

100

Lulus

amelkelas5

KAMELIA FARA

90

80

85

Lulus

adjiekelas5

KARUNIA ADJIE SAPUTRO

0

100

50

Tidak Lulus

kasihkelas5

KASIH SAYANG APRILIA RIYADI

100

100

100

Lulus

farelkelas5

MOHAMMAD FAREL DWI HERLINO

0

0

0

Tidak Lulus

dzakkykelas5

MUJAHID DZAKY AL MUKMIN

85

100

92,5

Lulus

rahelkelas5

RAHEL IZZA MAULANA

100

100

100

Lulus

raihanahkelas5

RAIHANAH HANUUN

100

100

100

Lulus

ranikelas5

RANI AGUSTIN SETYORINI

100

85

92,5

Lulus

syafirakelas5

SYAFIRA AYUDIAH LESTARI

85

100

92,5

Lulus

velinakelas5

VELINA DITA RHOZALIA

100

100

100

Lulus

alekelas5

ALE SANDRO

0

0

0

Tidak Lulus

belajar.kemdikbud.go.idKelasMaya

 

 

 

 

 

 



kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

2 Komentar untuk " BEST PRACTICE PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING"

Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel