Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

Podcast Berbagi Inspirasi Sebagai Motivasi Meraih Prestasi


        
3 Inspirasi Meraih Prestasi

Cara Unik Pancasialis
Best Practice Portal Rumah Belajar
Best Practice Laboratotium Maya


          Podcast ini dilatarbelakangi oleh adanya narasumber yang bisa menginspirasi para pendidik di Indonesia. Podcast yang ditayangkan menggunakan aplikasi stream yard dengan live streaming youtube dilaksanakan pada hari Jumat, 09 Oktober 2020 di link berikut https://youtu.be/NVJaRV0gdd8 

Podcast ini dilaksanakan secara kolaborasi oleh SRB Jatim 2020 dengan narasumber pilihan UNESCO.

--- Acara dimulai oleh host dari SRB Madura yaitu Kak Zul. Fikri.

  --- Diserahkan kepada moderator 1 yaitu Kak Krisdiana untuk mewawancarai bu Sulis sebagai narasumber utama.
Berikut ini cuplikannya . . . .   

       Seorang guru hebat yang mempunyai nama lengkap Dra. Sri Sulistiyani merupakan seorang Guru Matematika di SMAN Balung Jember. Beliau selain bekerja menjadi guru, juga merupakan aktivis Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember. Tujuan beliau membuat gerakan tersebut yaitu pemberdayaan ekonomi perempuan miskin, meningkatkan kepercayaan diri perempuan dari pengambilan keputusan serta penghapusan kekerasan terhadap perempuan.Banyak sekali program-program yang beliau buat dalam GPP. Berkat cara unik mengajarkan Pancasila, Bu Sulis begitu panggilannya menjadi pembicara di Hari Guru Sedunia 2020 di Paris.
      Dari hasil wawancara kami, Bu Sulis bercerita tentang banyak hal. Tidak perlu hal-hal yang sulit untuk mengajarkan sikap Pancasila kepada para pemuda bangsa. Cukup untuk meminta mereka berbuat baik kepada diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Nah... Bu Sulis mempraktekkannya dengan memberikan tugas kepada siswa secara berkelanjutan. Seminggu pertama para siswa diminta untuk membahagiakan diri mereka sendiri, dengan cara makan teratur, istirahat yang cukup, tidak memakai narkoba, dan semua yang mereka anggap membahagiakan. Tindakan tersebut bertujuan agar para siswa terbiasa berbuat baik dengan dirinya sendiri, sebab sesorang harus berbuat baik kepada diri sendiri sebelum bisa berbuat baik kepada orang lain
    Pada minggu kedua, para pelajar diminta berbuat baik kepada keluarganya. Mereka bisa membantu orangtuanya bekerja seperti mencuci, menyapu, dan menjaga adik. Pada minggu ketiga para pelajar diminta untuk berbuat baik kepada orang yang dikenal seperti guru, teman dan saudaranya. Dengan cara saling berbagi misalkan memberikan makanan, membantu tetangga kesusahan atau juga bisa meminjamkan barang yang dipunyai untuk orang yang membutuhkan.
    Tidak hanya itu saja, beliau juga menampung perempuan yang menjadi korban hamil di luar nikah. Meskipun banyak yang menolak dengan caranya tersebut, namun Bu Sulis mempunyai keteguhan untuk tetap membantu para korban tersebut. Beliaupun juga bercerita, bahwa perempuan-prempuan yang dulu sudah ditampungnya itu sekarang telah melanjutkan pendidikannya. Dia tidak ingin para perempuan tersebut jatuh mentalnya sehingga tidak mau melanjutkan pendidikan. Begitu hebatnya pengalaman beliau yang dapat kita petik, terutama kita kaum pendidik.



--- Acara selanjutnya diserahkan kepada moderator 2 yaitu Kak Maulidiya untuk mengiringi narasumber dari SRB Jatim 2020.


Membahas tentang . . .

Berbagi pengalaman berupa Best Practice Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan model Problem Based Learning oleh Kiki Niken Saputri yang sudah melalui proses penilaian. Portal Rumah Belajar merupakan pilihan yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran secara luring maupun daring. Sehingga dapat digunakan dan dipadukan dengan hampir seluruh model pembelajaran.



    Acara selanjutnya berbagi pengalaman dari Best Practice Kak Evin tentang Flipped Classrom menggunakan Laboratorium Maya.


--- Acara dilanjutkan tanya jawab dari peserta ke semua narasumber. Sungguh antusias peserta dalam mengikuti podcast ini hal tersebut dapat dibuktikan pada laporan tayangan youtube tertanggal 13 Oktober 2020 telah ditonton sebanyak 200 kali.



Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Indonesia Maju


#pusdatin
#Kemdikbud
#SRBJatim2020
#PortalRumahBelajar
#rumahbelajar
#tvedukasi
#radioedukasi
#pembaTIK
#pembaTIK2020












kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

2 Komentar untuk "Podcast Berbagi Inspirasi Sebagai Motivasi Meraih Prestasi"

Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel