Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

3 P Portal Rumah Belajar




3 P Tahapan Sosialisasi Portal Rumah Belajar
-- Pengenalan
-- Pendaftaran
-- Penggunaan

Sosialisasi ini dilaksanakan secara bertahap yaitu selama 2 hari. Pada tanggal 8 Oktober 2020
dan tanggal 15 Oktober 2020 diikuti oleh 16 tenaga pendidik dan kependidikan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dengan daftar hadir yang dapat diakses di link berikut http://bit.ly/sosrumbel2

Tiga tahap sosialisasi tersebut wajib kita laksanakan untuk mengoptimalkan kebermanfaatan Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran secara daring maupun luring.

Tahap 1: Pengenalan

Para pendidik dikenalkan dengan semua fitur yang terdapat di Portal Rumah Belajar. Selain itu menyampaikan produk-produk dari PUSDATIN Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Fitur utama dan Fitur pendukung dikenalkan dengan menunjukkan berbagai manfaat yang dimilikinya. Tentunya, juga memberikan informasi terkait implementasi setiap fitur pada proses pembelajaran.

Tahap 2 : Pendaftaran

Para pendidik diarahkan untuk mendaftarkan akun di Portal Rumah Belajar. Dilanjutkan dengan pembuatan akun yang berada di fitur Kelas Maya. Sebelum pendidik mendaftar, maka penyelenggara yaitu sekolah diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Selanjutnya, saya pandu semua pendidik untuk mendaftarkan diri guna membuat akun pribadi di Portal Rumah Belajar. Pendaftaran tidak hanya berhenti di guru saja, namun guru berkewajiban membimbing siswa untuk membuat akun di Portal Rumah Belajar.




Tahap 3 : Penggunaan

Para pendidik mempraktikkan cara mulai dari pengunduhan sumber belajar, penggunaan kelas maya, penggunaan bank soal, dan penggunaan laboratorium maya. Penggunaan fitur pendukung tidak lupa juga dicoba oleh setiap pendidik.  Kegiatan yang membutuhkan waktu lama yaitu dalam penggunaan kelas maya. Pendidik dibimbing untuk mengisi setiap deskripsi kegiatan yang akan dibuka di kelas maya, selanjutnya pendidik membuat modul yang terdapat berbagai macam kegiatan, dilanjutkan membuat soal. Tak lupa guru juga mempraktekkan diri sebagai siswa untuk memasuki kelas terbuka. Disini saya memilih kelas terbuka dari DRB 2017 yaitu Bapak Rachmad Efendi. Ketika memasuki kelas maya, maka para pendidik juga bisa membayangkan proses ketika siswa yang nantinya akan memasuki kelas maya.




Ketiga tahapan tersebut perlu dilakukan dalam sosilisasi pengimplementasian portal rumah belajar. Hal tersebut dipertimbangkan dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi portal rumah belajar terhadap pembelajaran di era industri 4.0 saat ini.






Salam  terimakasih tak lupa diucapkandari peserta untuk PUSDATIN Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atas pemberian stiker Portal Rumah Belajar.

Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Maju Indonesia


#Pusdatin

#Kemdikbud

#Portalrumahbelajar

#PembaTIK

#PembaTIKlevel4

#rumahbelajar

#srbjatim2020

#srbjatim

#dispendikbud

#situbondo

#dispendikbudsitubondo



kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

1 Komentar untuk "3 P Portal Rumah Belajar"

  1. Kapan-kapan 3P di zona timur ya, hehehe
    Mungkin saat kegiatan KKG di kecamatan kami

    BalasHapus
Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel