Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

Sosialisai Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Gugus 1 Kec. Arjasa


Selasa, 20 Oktober 2020 bertempat di SD Adz-Dzikra salah satu sekolah swasta ternama di Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo saya diberikan kesempatan menjadi narasumber  sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar. Berikut inimerupakan bukti undangan menjadi narasumber dari ketua gugus 01 Kec. Arjasa Kab. Situbondo.


 Turut mengundang ketua Koordinator Wilayah Kecamatan Arjasa, bapak ibu pengawas kecamatan Arjasa, serta bapak ibu guru kelas 1 s.d 6 di gugus 1 Kecamatan Arjasa. Gugus 1 di Kecamatan Arjasa terdiri dari 9 sekolah dasar, sehingga total peserta yang mengikuti adalah 54 peserta ditambah 9 kepala sekolah, sehingga total seluruhnya sebanyak 63 peserta.



Acara ini dimulai pukul 08.00 dengan random susunan acara sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Doa Pembuka & Sholawat Nariyah
4. Sambutan Ketua Koordinator Wilayah Kecamatan Arjasa
5. Sambutan Pengawas Kecamatan Arjasa
6. Sambutan 
6. Doa Penutup
7. Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar 


Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar

Apa yang dibahas?

Saya sebut ilmu 3 P yaitu Pengenalan, Pendaftaran, dan Penggunaan. Berikut ini deskripsi acara sosialisasinya:

1. Pengenalan

Peserta dikenalkan tentang Portal Rumah Belajar yang merupakan rintisan dari PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia. Saya mengenalkan 4 Fitur utama dan 6 Fitur Pendukung yang terdapat pada Portal Rumah Belajar. Selanjutnya, saya informasikan banyaknya keuntungan yang akan didapatkan untuk memikat hati para peserta.





2. Pendaftaran

Peserta diarahkan untuk mendownload portal rumah belajar melalui gadget peserta masing-masing. Kemudian diarahkan untuk mengakses melalui https://belajar.kemdikbud.go.id/. Peserta juga diarahkan untuk mencoba seluruh fitur yang terdapat di Portal Rumah Belajar.Peserta dibimbing untuk membuat akun pada portal rumah belajar, dilanjutkan pembuatan akun pada fitur utama kelas maya. Khusus pembuatan akun pada fitur utama kelas maya akan dimulai dengan pendaftaran akun penyelenggara atau lembaga. Selanjutnya, masing-masing guru dibimbing untuk membuat akun masing-masing di kelas maya, serta memperoleh arahan cara membuatkan akun siswa.






3. Penggunaan

Peserta diarahkan untuk membuat kegiatan-kegiatan dalam kelas maya. Sebelumnya, peserta diperlihatkan contoh  kelas maya milik narasumber. Setelah mendapatkan gambaran, peserta mempraktekkan penggunaan kelas maya yang dipersiapkan untuk peserta didik.




Sosilisasi ini berakhir pada pukul 12.00. Peserta baik dari kalangan kepala sekolah maupun guru kelas 1-6 sangat antusias mengikuti sosialisasi kali ini. Hal, tersebut nampak pada peserta yang melanjutkan penggunaan portal rumah belajar meskipun acara sudah akan ditutup.







Merdeka Belajarnya

Rumah Belajar Portalnya

Maju Indonesia


Bersama Portal rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja


#rumahbelajar
#pusdatin
#kemdikbud
#kemendikbud
#portalrumahbelajar
#situbondo
#arjasa
#guruarjasa
#guruberbagi
#srbjawatimur
kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

1 Komentar untuk "Sosialisai Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Gugus 1 Kec. Arjasa"

Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel