Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar
https://belajar.kemdikbud.go.id/

R.U.M.P.I RUMBEL LINTAS PULAU

 

R.U.M.P.I RUMBEL

Ruang Implementasi Rumah Belajar dilaksanakan pada hari Senin, 19 Oktober 2020 mulai pukul 11.00 s.d 13.00 melalui aplikasi zoom dan live streaming Youtube di chanel Kiki Niken Saputri. Acara ini juga dapat dilihat ulang di link part 1 berikut  https://www.youtube.com/watch?v=bgELEJoNiaQ&t=7s dan part 2 pada link https://www.youtube.com/watch?v=oNwCWmU2WbQ

Berkolaborasi dengan para guru di daerah terpencil dari Lampung, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur. Daerah terpencil bukan berarti perkembangan teknologi akan terhambat, banyak cara yang dapat dilakukan oleh para guru untuk mengenalkan perkembangan teknologi tersebut salah satunya yaitu berbagi informasi tentang pengimplementasian portal rumah belajar.

Acara ini dipandu oleh Lusi Mirawasti dan Nuvis Melodiana selaku host dan moderator yang merupakan SRB dari provinsi Lampung. 


Lusi Mirawasti SRB lampung

 

Nuvis Melodiana SRB lampung



Acara ini juga didukung oleh para DRB Nusa Tenggara Timur salah satunya yaitu Mom Maria Gloria , yang berkenan membuka acara serta memberi motivasi kepada para peserta. Beliau berharap para peserta dapat bertanya sebanyak-banyaknya untuk lebih mengetahui tentang implementasi portal rumah belajar. Kalimat hebat dari Mom Maria Gloria 
Setiap permulaan itu selalu sulit, tapi jika kita sudah mulai berbagi maka kita akan sulit untuk berhenti. 

(DRB NTT 2017 Maria Gloria)


Terdapat tiga narasumber dalam acara ini yaitu Kiki Niken Saputri (SRB Jawa Timur), Mokhamad Syaifudin (SRB Gorontalo), dan Dewi Sekarsari (SRB NTT).


Narasumber 1 : Kiki Niken Saputri (SRB Jawa Timur)


Dengan mengusung judul Implementasi Kelas Maya dalam Pendistribusian SAC3 tujuan saya yaitu ingin membagikan informasi kepada para peserta bahwa kelas maya merupakan fitur utama portal rumah belajar yang dapat dimanfaatkan dengan banyak inovasu, termasuk dalam pemberian materi SAC3. Para peserta memposisikan diri sebagai siswa yang memasuki kelas maya, yang akan melakukan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam modul di kelas maya tersebut. Selain mengetahui kebermanfaatan kelas maya, para peserta juga diberikan informasi tentang aplikasi SAC3 yaitu berupa cara download, ekstrak, instal, serta pembuatan karya media interaktif menggunakan SAC3.



Narasumber 2 :Mokhamad Syaifudin (SRB Gorontalo)

Berjudul integrasi liveworksheets dalam fitur rumah belajar narasumber bertujuan memberikan inovasi penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik yang diintegrasikan di portal rumah belajar. LKPD yang interaktif diharapkan dapat meningkatkan gairah siswa dalam melaksanakan pembelajaran.




Narasumber 3 : Dewi Sekarsari (SRB NTT)

Mengusung judul Implementasi Sumber Belajar yang diintegrasikan dengan fitur pendukung BSE narasumber ke-3 bertujuan untuk memberikan inovasi penggunaan portal rumah belajar secara luring. BSE yang tersedia di rumah belajar, sangat membantu sekolah yang kekurangan buku tematik cetak, sehingga tanpa membeli siswa dapat menggunakannya dengan mudah.



Postal Rumah Belajar memang paket komplit aplikasi pembelajaran, dimana kita dapat menggunakannya secara luring maupun daring. Inovasi penggunaan portal rumah belajar dalam pengimplementasian pembelajaran oleh para pendidik, merupakan suatu langkah terbaik untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini, bahkan banyak peserta yang menginginkan dilanjutkannya sosialisasi portal rumah belajar agar semakin banyak informasi yang didapatkan. 

Terdapat 152 peserta yang mendaftarkan diri dalam room ini. Berikut ini link daftar hadir peserta yang terdapat di zoom meating dan live streaming youtube : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1LAgLpbEfoV3f0h8rwftipmXbDlR9yjNrw4J_UtUCEcs/edit?usp=sharing







Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Maju Indonesia


#Pusdatin
#Kemdikbud
#Portalrumahbelajar
#PembaTIK
#PembaTIKlevel4
#rumahbelajar
#srbjatim2020
#srbjatim
#dispendikbud
#situbondo
#dispendikbudsitubondo

kiki niken saputri Guru jebolan program SM3T yang ditempatkan di Kepulauan SITARO (Siau Tagulandang Biaro) dilanjutkan menjadi Guru Garis Depan di SDN 1 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dan sekarang menjadi TPMPS Binaan LPMP Jatim. Mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar 2020 Prov. Jawa Timur

Belum ada Komentar untuk "R.U.M.P.I RUMBEL LINTAS PULAU"

Posting Komentar

Beri komentar positif yang membangun agar penulis tetap termotivasi melanjutkan tulisannya 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel